Embung Nglanggeran Yogyakarta - Indahnya Waduk Diatas Gunung Api Purba

Hai pemirsaa.... Ada rencana liburan kemana weekend kali ini? Mungkin postingan mimin kali ini bisa jadi referensi. Beberapa waktu lalu mimin sempat jalan-jalan seru ke Embung Nglanggeran Yogyakarta. Lokasi tepatnya di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung buatan yang cantik ini letaknya gag jauh dari Gunung Api Purba yang populer itu. Jadi pemirsa bisa puas jalan-jalan di dua objek wisata dalam satu lokasi. 



Perjalanan kali ini mimin ditemani sama Shary, Devy, and Yenni. Kita berempat langsung cuss dari Klaten naik motor sekitar jam 1an panas-panas gitu. But it doesn't matter yang penting kita bisa jalan-jalan hehehe.... Pemirsa ati-ati ya jalanan di sekitar lokasi tu agak curam en jalannya masih bebatuan gitu. Mimin sempet nyusruk jatuh dari motor pas diboncengin Shary, huhuhu. Untung gag terjun ke jurang, huwaaa... Meskipun lecet-lecet tetep alhamdulillah deh...
pemandangan dari atas bukit 
Oh ya, sedikit cerita nih sebelum dibangun menjadi embung atau waduk dan diresmikan sebagai objek wisata oleh Sultan HB X tanggal 19 Februari 2013 lalu, dulunya tempat ini adalah sebuah bukit yang diberi nama Gunung Gandu. Bukit tersebut lalu dikeruk hingga menjadi waduk tadah hujan agar bisa mengairi kebun buah milik warga sekitar yang luasnya sekitar 20 Ha. Embung ini selain manampung air hujan, juga menampung air dari sumber Sumurup yang letaknya di Gunung Nglanggeran.

penampakan embung dari atas bukit
Emang sih, embung ini gag bisa buat mancing, apalagi mandi. Tapi pemandangannya tetep biyutipul kog pemirsah. Apalagi pas sore hari tuh bisa liat sunset yang eksotis banget buat poto-poto. Mimin sempet kesel banget gara-gara temen-temen mimin tuh narsiiiisss terus gag brenti poto-poto, haduhh. 
nih bonus potonya mimin... xixixi

Lokasi :
Embung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. 

Retribusi :
Untuk bisa masuk ke lokasi Embung Nglanggeran cukup bayar retribusi Rp 5.000 per orang dan parkir motor Rp 2.000 saja. (tarif per Mei 2014).

How to get there?
Untuk menuju lokasi Embung Nglanggeran ini rutenya cukup mudah. Kalo dari arah Jogja/Klaten pas pertigaan sebelum candi Prambanan itu belok ke arah pasar Prambanan trus lurussss aja ngikutin jalan Prambanan-Piyungan atau arah Wonosari. Pokoknya lurus terus ngikutin jalan sampai di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul ntar di sebelah kiri jalan ada plang petunjuk arah ke Gunung Api Nglanggeran. Abis itu ikutin jalan kecil yang berkelok-kelok nan sepi sampai ketemu lokasinya.

Kalo mau naik bis bisa juga sih dari Terminal Giwangan naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Turunnya di Patuk trus lanjutin naik ojek. Tarifnya kurang tau juga sih hehehe... 

Yawis pemirsa... Sekian dulu ya cerita jalan-jalan seru kita kali ini. See you next....

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wah bagus juga ya ternyata Embung Nglanggeran. Coba ah besok Minggu kesana. Semoga cuaca cerah. Thanks min informasinya. :)

    BalasHapus